Pages

Saturday 17 October 2015

Membuat Chart of Account MYOB Manual



Setelah kita selesai membuat database perusahaan kita, maka langkah selanjutnya adalah membuat sesuatu yang sangat penting di system yang digunakan oleh bagian akunting dan finance yaitu Chart of Account atau akun-akun untuk menanmpung transaksi-transaksi di perusahaan kita.


Dalam mensetting Chart of Account (CoA) dan selanjutnya kita sebut saja CoA, ada beberapa pilihan yg bisa kita ambil pada saat kita membuat database perusahaan. Telah ada di tulisan sebelumnya.

Karena kita melewati pembuatan CoA pada saat pembuatan database perusahaan, maka di MYOB yang telah terinstal di komputer atau server kita, akan ada CoA default yang ada di database company kita. Kita bisa lansung memanfaatkannya, atau kita buat barau sama sekali.

Dari Comman Center, kita pilih Account, kemudian kita pilih Account list, yang ada di tengah command Center, maka akan muncul  window seperti gambar dibawah ini.


Bisa juga lewat tool bars yang ada diatas window. Klik List, kemudian pilih Account


MYOB telah membuat grouping-grouping secara default untuk untuk setiap group CoA. Dari Asset sampai other expenses di kepala 9.

Jika kita akan menggunakan CoA yang telah ada dan menambah kekurangannya, kita bisa menambahnya atau mengeditnya.

Cara menambah CoA baru
Click tombol New yang ada dibagian bawah, seperti gambar diatas. Kemudian akan muncul window baru,  Didalam window itu, kita bisa membuat head account kemudian account detail.
head account adalah nama group dari account tersebut, misalnya  Cash dan Bank














Untuk menentukan Grouping, kita bisa memilihnya di account type. Jika kita memilih account type yang ada di Asset, maka Account Number akan diawali dengan angka 1 secara default, jika Account Typenya di Liabilities maka account segera diawali dengan angka 2 secara default. Nah para pembaca tinggal memasukkan nomor account yang sudah disiapkan dan juga deskripsi accountnya.




Setelah selesai memasukkan di tab profile, maka kita berpindah ke tab 'Details". Di dalam tab ini kita bisa memberikan keterangan terhadap account yang kita buat, memberikan tanda apakah ini adalah terhubung dengan pajak dan pengelompokkan di Cash flow  statement.
Untuk Link Account for, akan dibahas di pembahasan lainnya.














Jika kita memang hanya akan menggunakan CoA yang telah disediakan oleh MYOB, maka kita bisa mengeditnya dengan cara lansung menclick account yang telah tersedia di window Account List.


















Setelah muncul window List Account, maka para pembaca tinggal mengedit account dan nama accountnya, serta menambahkan deskripsi account dan juga merubah kelompok di Cash Flow Statement.

Demikianlah cara menambah CoA secara manual atau mengedit secara manual. Jika  para pembaca sudah mempunyai list yang lengkap dan CoA yang cukup banyak dan tidak mau melakukan entry satu persatu, maka bisa dilakukan dengan cara export import.

Bagaimana cara export import CoA di MYOB, akan saya bahas ditulisan berikutnya.








No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan