Pages

Monday 28 December 2015

Multicurrency di MYOB



Setelah kita menginstall dan membuat chart of account di  MYOB yang baru, maka MYOB bisa dipakai. namun karena kita belum membuat currency yang kita pakai, maka currency default yang dipakai di MYOB ini adalah singapore Dollar.

MYOB menyediakan tools dimana kita bisa menggunakan multi currency atau bertransaksi dengan berbagai mata uang. Kita bisa merubah default currency ke dalam mata uang asing lain atau mata uang yang kita pakai sehari-hari.

Jika pada saat instalasi MYOB lupa melakukan pengaturan currency, maka kita bisa mengatur currency yang mau kita pakai sebagai currency dasar untuk transaksi harian.

Tata cara untuk mengatur currency di MYOB, bisa diikuti sebagai berikut:
1. Click List di tool bars,
2. Cari pilihan currencies.di barisan paling bawah.

jika tidak ada, maka berarti set untuk multi currency belum dilakukan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
1. klik Setup di tool bar.
2. Kemudian, klik Easy Setup Assistant
Kemudian akan muncul window baru, yaitu window Easy Setup Assistant.
4. kemudian pembaca ikuti saja settinganya, apakah akan merubah defaultnya atau tetap seperti itu.
5. Setelah sampai diurutan keempat, pembaca dapat memilih multi currency atau hanya satu currency. Silahkan centang di pilihan yang ada, walaupun pilihan cuman satu. jika dicentang, maka kita dapat menggunakan multi currency, jika tidak, hanya satu currency.
6. Jika telah dicentang, maka system segera memproses dengan setingan multi currency.
Selanjutnya pembaca bisa melanjutkan settinga.

Kita bisa memakai sebanyak mungkin currency, tergantung tuntutan dari bisnis perusahaan para pembaca masing-masing. Dibawah ini beberapa mata uang atau currency yang disediakan oleh MYOB.



Exchange rate 1 adalah mata uang dasar, dimana digunakan dalam gransaksi. Kita tentunya bisa merubah mata uang dasar tersebut.

Di tulisan yang akan datang, kita akan bahas bagaimana merubah mata uang dasar di MYOB.











No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan