Pages

Monday 18 April 2016

Linked Accounts di MYOB Premiere






Setelah kita memasang beberapa mata uang di dalam MYOB, maka langkah selanjutnya adalah memasang atau memastikan Linked Account sudah terpasang dengan benar.

Ada 3 jenis linked accounts yang ada di MYOB, yaitu Sales, Purchase dan Account and Banking Accounts. Linked account ini akan mengarahkan secara otomatis pada saat transaksi kepada account tertentu, misalnya transaksi penjualan, sistem akan mengdebit ke AR trade account. Transaksi pembelian, maka  sistem akan segera mengkredit ke AP Trade.


Keunggulan adanya account linked ini adalah pengalokasian secara otomatis sebuah transaksi yang berulang, misalnya seperti yang saya terangkan diatas. Juga pajak penjualan dan pembelian, discount, charge tambahan jika ada keterlambatan pembayaran hutang, atau biaya atau Income lainnya.

Selain itu juga, untuk mempermudah analisa profit and loss atau laporan laba rugi, maka dengan account linked ini bisa dibentuk jurnal Ikhtisar laba rugi atau current retained Earning pada saat closing book.

Adapun langkah-langkah dalam menyusun atau memasang Linked Account.
Dari Command Center, klik toolbar Setup -> Linked Account, kemudian akan muncul tiga pilihan atau tiga group account linked, Pembelian atau purchase Account, Penjualan atau Sale Account serta General account dan bank atau Accounts & banking Accounts.


Accounts & banking Accounts
Dalam linked account ini, ada dua account yang telah dibuat oleh sistem secara otomatis, account retained earnings dan current retairned Earning. Maka pembaca tidak perlu mensetting kembali.

Ada beberapa Account yang harus disetting oleh Administrator MYOB agar dalam transaksi, account sudah disetting akan automatis terhubung. Accounts  
Equity Account for history balancing
Bank Account for Undeposited funds
GST Claimed Account for bad Debts
Tourist GST Refund Claimed Account
Account for Currency Gains/Loss

Sales Accounts
Sales Accounts di dalam linked Accounts ini adalah untuk mengatur transaksi yang berhubungan dengan transaksi penjulan yang dibuat dari modul penjualan


Ada beberapa account yang ada di dalam Sales Accounts
Account Receivable
Bank Account receipts
Charge freight of Sales
Deposit from Customers
Discount for Early payment
Assess charge for late payment

Purchases Accounts
Purchases Accounts di dalam linked Account ini adalah pengaturan untuk segala transaski yang berhubungan dengan pembelian
Account payable
Bank Account payment
Receipt Item without bill
Freight for Purchases
Deposit to supplier
Discount for Early payment

Charge for late payment



ditulisan selanjutnya, saya akan membahas lebih lengkap mengenai Linked Accounts ini.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan