Pages

Monday 2 May 2016

Linked Accounts MYOB – Accounts & Banking Accounts





Kita akan melihat lebih dalam mengenai Accounts & banking Accounts. Dimana di dalam Linked Account ini diatur mengenai akun-akun yang tidak ada di dalam subledger.
  
Ada dua buah akun yang disetting otomatis oleh MYOB yaitu Current Earning, yaitu Retained earning atau rugi laba tahun berjalan dan Retained Earning atau total laba ditahan sampai tahun sebelumnya.


Kedua account tersebut akan terjournal secara otomatis atau akan terbentuk secara otomatis jika kita menjalankan laporan laba rugi bulanan dan melakukan tutup buku tahunan.

Account Historical balancing bisanya tidak terpakai. Saya sudah menggunakan MYOB selama 5 tahun tidak pernah memakai account ini. Account ini akan terpakai jika pada saat mengisi opening balance untuk balance sheet ada kesalahan. Misalnya jika sisi debot dan kredit tidak balance, maka unbalance akan otomatis masuk kedalam account ini.


Jika pemakaian MYOB ini adalah lanjutan dari tahun sebelumnya dan pembukuan tahun sebelumnya tersebut belum final dan masih dalam tahap audit, maka sebaiknya account History balancing ini dibuat.

Untuk GST account (Goods services tax), terus terang penulis tidak pernah menggunakannya. Hal ini karena disebabkan settingan untuk perpajakan tidak menggunakan GST namun dibuat baru yaitu dengan kode PPN dengan rate 10%.

Namun bukan berarti bahwa account GST ini tidak bsia dipakai, karena GST untuk Baddebt claimed dan refund claimed adalah hutang pajak yang harus dikembalikan..


No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan