Pages

Friday 13 May 2016

Linked Accounts MYOB – Purchases Linked Accounts




Tahap selanjutnya adalah, kita akan melakukan pengaturan account link yang ada di MYOB Premiere yang berhubungan dengan Purchasing. Ada beberapa jenis transaksi yang berhubungan atau bisa kita setting dibagian ini.


Beberapa jenis yaitu:
1. Liability Account, account untuk mencatat hutang dagang pada saat terjadinya transaksi pembelian

2.  Bank Account Paying bill, adalah account yang akan muncul secara otomatis pada saat kita melakukan pembayaran dari purchase module di MYOB Premiere. Dan tentu saja account tersebut bisa kita edit pada saat melakukan jurnal transaksi pembayaran.
Kedua Account ini tentunya bisa di setting pada saat kita men-setting account.

3.      I can receive items without a supplier bill, adalah account yang akan mencatat accrual pada saat kita menerima barang, sementara kita belum menerima invoice. Hal ini diperlukan jika kita benar2 harus mencatat Inventory untuk digunakan dalam produksi, sementara kita masih menunggu invoice asli dari supplier.
Ada beberapa perusahaan menetapkan peraturan bahwa  pencatatan dilakukan jika invoice asli diterima.

4.      I Pay Freight on Purchases, Jika kita dikenakan biaya freight maka kita bisa lansung mensetting account biayanya di bagian ini, agar kita terhindar dari adjustment manual di masa yang akan datang.

5.   I Track deposits paid to suppliers, Seringkali vendors meminta uang dimuka kepada calon pembeli, maka pada saat kita melakukan pembayaran melalui Purchase module di MYOB Premiere, sistem MYOB Premiere lansung bisa mengarahkan ke account  Deposit to Supplier.



6.    I take discount for early payment,  MYOB Premiere juga menyediakan link, jika kita sebagai customer melakukan pembayaran lebih cepat dari yang ditentukan. Misalnya term yang kita dapat dari supplier adalah 2/10, n/30. Jika melakukan pembayaran dibawah 10 hari dari tanggal invoice atau tanggal transaksi, maka kita akan dapat discount 2%.
Pada saat kita melakukan pembayaran, maka sistem di MYOB Premiere akan lansung mengkredit discount ke account yang telah kita tentukan di MYOB Premiere.

7.      I pay charges for late payment, Senantiasa jika keuangan kita tidak mencukupi pada saat hutang jatuh tempo, maka kita menunda pembayaran dan ada kalanya jika melewati jatuh tempo kita dikenakan denda. MYOB Premiere juga menyediakan sebuah link untuk account denda jika telat membayar.
Kita hanya menentukan account mana yang menampung jika kita terkena denda.


Kita bisa saja tidak melakukan pengaturan di MYOB Premiere ini, namun jika ada kondisi yang disebutkan diatas, maka biasanya kita akan melakukan adjustment agar alokasi biaya bias lebih tepat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan